Sejarah
Jaringan Internet
Pengertian Jaringan Internet. Teknologi berkembang pesat sehingga ada sebuah
slogan yang mengatakan “Dunia di Gemgaman Tangan Anda”, salah satu teknologi
yang sungguh fenomenal adalah Internet, sebuah Jaringan yang begitu kompleks
namun sungguh mengagumkan maka kita sebut sebagai Jaringan Internet. Internet
adalah jaringan komputer yang bisa dikategorikan sebagai WAN, menghubungkan
berjuta komputer diseluruh dunia, tanpa batas negara, dimana setiap orang yang
memiliki komputer dapat bergabung ke dalam jaringan ini hanya dengan melakukan
koneksi ke penyedia layanan internet (internet service provider / ISP) seperti
Telkom Speedy, atau IndosatNet. Internet dapat diterjemahkan sebagai
international networking (jaringan internasional), karena menghubungkan
komputer secara internasional, atau sebagai internetworking (jaringan antar
jaringan) karena menghubungkan berjuta jaringan diseluruh dunia.
Internet dimulai ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Department of
Defense USA) membangun sebuah jaringan komputer di tahun 1969, yang diberi nama
ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork) dengan tujuan untuk
menghubungkan beberapa komputer yang berada dibeberapa universitas melakukan
riset militer, terutama untuk membangun jaringan komunikasi komputer yang mampu
bertahan terhadap serangan nuklir. Jaringan ini berkembang terus, semakin
banyak komputer yang terlibat, dan riset disisi pengembangan perangkat lunak
juga berkembang. Pada bulan Mei tahun 1974, Vinton G.Cerf dari Stanford
University dan Robert E.Kahn dari Departemen Pertahanan USA, mempublikasi
sebuah paper di IEEE Transaction on Communication berjudul “A Protocol for
Packet Network Intercommunication”, konsep ini kemudian populer sebagai
protokol TCP/IP, ketika ARPANET meng-adopsi protokol menjadi protokol standard
untuk ARPANET pada tahun 1983. Pihak universitas terutama University of
California at Berkeley kemudian membangun sistem operasi Berkeley Software
Distribution Unix) atau BSD UNIX (dikenal dengan nama Free BSD Unix) dan pihak
departemen pertahanan membiayai Bolt Baranek dan Newman (BBN) untuk
meng-implementasi protokol TCP/IP pada BSD Unix untuk diterapkan pada ARPANET,
dengan demikian cikal-bakal internet terbentuk.
Pada penghujung tahun 1983, jaringan ARPANET dibagi dua menjadi DARPANET
(Defence ARPANET) dan MILNET (MILitary NETwork). Pada tahun 1985 dibentuklah
jaringan NFSNET (National Science Foundation NETwork) untuk menghubungkan
supercomputer yang ada diberbagai universitas di Amerika dan disambungkan
dengan ARPANET. Jaringan NSFNET dikembangkan terus oleh periset perguruan
tinggi. Pada tahun 1988 jaringan backbone internet ini hanya berkapasitas 56
Kbps. Walaupun pada tahun 1990 secara resmi ARPANET ditutup, namun jaringan
internet yang telah terbentuk diteruskan oleh pihak universitas di Amerika dan
memasukkan jaringan universitas di benua Amerika (Kanada dan Amerika Selatan)
serta jaringan di Eropa menjadi bagian dari internet. Pada tahun 1992 jaringan
backbone ditingkatkan ke T3 dengan kecepatan 45 Mbps, dan disekitar tahun 1995
ditingkatkan lagi menjadi OC-3 pada kecepatan 155 Mbps. Kini backbone internet
berkecepatan tinggi dalam order Gbps.
Topologi internet pada dasarnya adalah mesh-topology, menghubungkan banyak
jenis jaringan melalui sistem packet-switching, kalaupun bisa dikatakan yang
menjadi pusat-nya adalah beberapa NAP (Network Access Point) yang ada di San
Fransisco (Pacific Bell), di Chicago (Ameritech), New Jersey (Sprint), dan
Merit Access Exchange (MAE) di San Fransisco (MAE West) dan Washington, D.C
(MAE East) yang ditangani oleh MFS Datanet.
Walaupun tidak ada organisasi yang memiliki internet, namun ada banyak
organisasi yang memelihara jaringan ini melalui penetapan standarisasi
protokol, aturan-aturan, serta metoda akses. Internet Engineering Task Force
(IETF) menangani masalah-masalah teknis yang timbul di internet, seperti
masalah pada protokol, arsitektur dan pengoperasian internet. Internet Research
Task Force (IRTF) menangani riset teknis, seperti sistem pengalamatan dan
rekayasa lainnya. Internet Assigned Numbers Authority (IANA) mengatur pembagian
alamat IP (IP#) ke berbagai negara dan organisasi. Internet Society (ISOC)
menangani masalah administrasi dan struktur organisasi internet.
Badan usaha komersil kemudian menyediakan layanan akses dengan menyediakan
koneksi dari komputer pengguna ke internet, dan badan ini disebut sebagai
penyedia akses internet atau ISP. Beberapa ISP terkenal di dunia adalah America
On Line (AOL), Australia OnLine, CompuServe, GEnie, dan Prodigy. Di Indonesia
ada TelkomNet, IndosatNet, Wasantara Net, InterNux, dan sebagainya. ISP
menyediakan koneksi dial-up melalui modem-telepon, koneksi wireless melalui
antena WLAN, atau koneksi ADSL melalui telepon. Protokol koneksi yang digunakan
adalah SLIP (Serial Line Interface Protocol) atau PPP (Point-to-Point
Protocol), dimana koneksi SLIP biasanya lebih lambat dari PPP.
GAMBAR: Koneksi ke Internet
Secara logis jaringan internet dibagi kedalam beberapa domain, yang menurut
standar IPv4 (Internet Protocol version 4) di-identifikasi melalui nomer IP 32
bit atau 4 angka biner yang dipisahkan dengan titik (seperti 192.168.10.25).
Tipe domain standar antara lain:
.com = organisasi komersil
.edu = institusi pendidikan di Amerika
.ac = institusi akademik
.gov = institusi pemerintah
.mil = organisasi militer
.net = penyedia akses jaringan
.org = organisasi non-profit
Disamping itu domain juga dibagi berdasarkan negara, misalnya:
.au = Australia
.ca = Kanada
.id = Indonesia
.jp = Jepang
.my = Malaysia
.sw = Swedia
.th = Thailand
JARINGAN TEKNOLOGI
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan
lainnya yang saling terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel
sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen
dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan
hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Tiap komputer, printer atau
periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer
dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node. Sebuah jaringan
biasanya terdiri dari 2 atau lebih komputer yang saling berhubungan di antara
satu dengan yang lain, dan saling berbagi sumber daya misalnya CDROM, Printer,
pertukaran file, atau memungkinkan untuk saling berkomunikasi secara
elektronik. Komputer yang terhubung tersebut, dimungkinkan berhubungan dengan
media kabel, saluran telepon, gelombang radio, satelit, atau sinar infra merah.
E-commerce, di sisi lain, didefinisikan sebagai transaksi atas jaringan
computer yang dimediasi yang melibatkan perpindahan kepemilikan atau hak untuk
menggunakan barang atau jasa. Misalnya, ketika Anda membeli lagu dari toko
musik elektronik lainnya di Jejaring sosial, Anda terlibat dalam e-commerce.
Definisi ini juga menunjukkan persamaan antara e-bisnis dan e-commerce. Tentu
saja sebagian proses yang terlibat dalam e-bisnis dapat diklasifikasikan
sebagai commerce yaitu pertukaran kepemilikan hak. Jika apotek elektronik
perintah itu obat dari perusahaan farmasi, yang merupakan pertukaran hak
kepemilikan yang baik. Menggunakan definisi di atas, seperti transaksi akan
dianggap e-commerce, tidak e-bisnis. Namun, skenario di atas juga melibatkan
urutan material baru untuk membantu dalam produksi. barang (misalnya, mengisi resep),
yang akan jatuh di bawah definisi dari e-bisnis. Jadi, apakah ada yang nyata
perbedaan antara keduanya? Mungkin cara yang lebih mudah untuk mendefinisikan
perbedaan mungkin dengan cara memeriksa penerima transaksi. Dalam contoh di
atas, satu usaha adalah memesan barang dari usaha lain, yaitu bisnis untuk
bisnis atau B2B. Farmasi perlu membeli bahan baku (jumlah besar obat) dalam
rangka untuk menyediakan selesai produk (diisi resep, paket obat dingin) kepada
konsumen. Oleh karena itu, transaksi antara dua bisnis (dari satu ke yang lain)
tampaknya terbaik untuk jatuh di bawah kategori e-bisnis. Namun, pembelian,
sebuah lagu dari iTunes adalah transaksi antara bisnis (perusahaan rekaman) dan
Anda (konsumen), atau bisnis ke konsumen (B2C). Karena begitu banyak transaksi
antara bisnis dan konsumen ritel berdasarkan (bisnis menjual produk jadi ke
konsumen), mungkin terbaik untuk melihat transaksi ke konsumen sebagai
e-commerce. Bahkan dengan penjelasan di atas, kita dapat melihat bahwa
e-commerce dapat dengan mudah diklasifikasikan sebagai bagian dari e-bisnis.
Pemerintah federal AS mendefinisikan kedua cara itu, dan tokoh-tokoh yang
menawarkan dukungan bagi mereka definisi. Revisi angka tahun 2007 menunjukkan
bahwa e-commerce menyumbang 3,4% dari seluruh perdagangan di tahun itu, bahwa
naik dari 2,9% dari 2006 (Scheleur et al., 2008). Dalam jumlah yang lebih
besar, transaksi e-commerce pada tahun 2007 tumbuh sebesar 19% dari tahun
sebelumnya, sedangkan total ritel di Amerika Serikat (baik e-commerce dan tatap
muka) tumbuh hanya 4%. Pada dasarnya, yang berarti bahwa pertumbuhan
perdagangan elektronik melampaui perdagangan tradisional, walaupun masih
merupakan bagian kecil dari persamaan ekonomi. Semua peralatan Jaringan
komputer yang saling berhubungan dikenal sebagai jaringan (network). Jaringan
komputer dapat berupa jaringan luas wide area network WAN, jaringan setempat
local area network (LAN) atau kombinasi keduanya. Wide area Network WAN
meliputi area geografis yang luas dengan beragam fasilitas komunikasi seperti
jasa telephone jarak jauh, transmisi satelit dam kabel bawah laut. WAN umumnya
melibatkan host komputer dan bersgsm jenis perangkat keras dan perangkat lunak
komunikasi. Contoh WAN adalah jaringan perbankan antar daerah dan system
pemesanan penerbangan. Jaringan Area Lokal meliputi area terbatas, namun
perbedaan ini mulai berubah dengan semakin meluasnya ruang lingkup cakupan
Jaringan Area Lokal. Jaringan Area Lokal umumnya menghubungkan hingga ratusan
komputer mikro yang semuanya berlokasi di area geografis yang relatif kecil,
seperti suatu gedung atau beberapa gedung yang berdekatan. Perusahaan tertarik
pada Jaringan Area Lokal karena Jaringan Area Lokal memungkinkan beberapa
pemakai berbagi perangkat lunak, data dan peralatan. Ada 3 macam jenis Jaringan
yaitu :
[sunting] Jaringan Area Lokal
Sebuah Jaringan Area Lokal, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang
relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran
di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1
km persegi. Beberapa model konfigurasi Jaringan Area Lokal, satu komputer
biasanya di jadikan sebuah file server. Yang mana digunakan untuk menyimpan
perangkat lunak yang mengatur aktifitas jaringan, ataupun sebagai perangkat
lunak yang dapat digunakan oleh komputer komputer yang terhubung ke dalam
network Komputer-komputer yang terhubung ke dalam jaringan itu Biasanya disebut
dengan workstation. Biasanya kemampuan workstation lebih di bawah dari file
server dan mempunyai aplikasi lain di dalam harddisknya selain aplikasi untuk
jaringan. Kebanyakan Jaringan Area Lokal menggunakan media kabel untuk
menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya.
[sunting] Jaringan area Metropolitan
Sebuah Jaringan area Metropolitan, biasanya meliputi area yang lebih besar
dari Jaringan Area Lokal, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal
ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam
lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu : jaringan Bank dimana
beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan
antara satu dengan lainnya.Misalnya Bank BCA yang ada di seluruh wilayah Malang
atau Jakarta.
[sunting] Jaringan area Skala Besar
Jaringan area Skala Besar adalah jaringan yang lingkupnya biasanya sudah
menggunakan sarana Satelit ataupun kabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan
jaringan BANK BCA yang ada di Indonesia ataupun yang ada di Negara-negara lain.
Menggunakan sarana Jaringan area Skala Besar, Sebuah Bank yang ada di Bandung
bisa menghubungi kantor cabangnya yang ada di Hongkong, hanya dalam beberapa
menit. Biasanya Jaringan area Skala Besar agak rumit dan sangat kompleks,
menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara Jaringan Area Lokal dan
Jaringan area Skala Besar ke dalam Komunikasi Global seperti Internet. Tapi
bagaimanapun juga antara Jaringan Area Lokal, Jaringan area Metropolitan dan
Jaringan area Skala Besar tidak banyak berbeda dalam beberapa hal, hanya
lingkup areanya saja yang berbeda satu di antara yang lainnya.
Protokol
Protokol adalah aturan-aturan main yang mengatur komunikasi di antara
beberapa komputer di dalam sebuah jaringan, aturan itu termasuk di dalamnya
petunjuk yang berlaku bagi cara-cara atau metode mengakses sebuah jaringan,
topologi fisik, tipe-tipe kabel dan kecepatan transfer data. Protokol-Protokol
yang dikenal adalah sebagai berikut :
Ethernet
Local Talk
Token Ring
FDDI
ATM
[sunting] Ethernet
Protocol Ethernet sejauh ini adalah yang paling banyak digunakan, Ethernet
menggunakan metode akses yang disebut CSMA/CD (Carrier Sense Multiple
Access/Collision Detection). Sistem ini menjelaskan bahwa setiap komputer
memperhatikan ke dalam kabel dari network sebelum mengirimkan sesuatu ke
dalamnya. Jika dalam jaringan tidak ada aktifitas atau bersih komputer akan
mentransmisikan data, jika ada transmisi lain di dalam kabel, komputer akan
menunggu dan akan mencoba kembali transmisi jika jaringan telah bersih.
kadangkala dua buah komputer melakukan transmisi pada saat yang sama, ketika
hal ini terjadi, masing-masing komputer akan mundur dan akan menunggu
kesempatan secara acak untuk mentransmisikan data kembali. metode ini dikenal
dengan koalisi, dan tidak akan berpengaruh pada kecepatan transmisi dari
network Protokol Ethernet dapat digunakan untuk pada model jaringan Garis lurus
, Bintang, atau Pohon . Data dapat ditransmisikan melewati kabel twisted pair,
koaksial, ataupun kabel fiber optic pada kecepatan 10 Mbps.
[sunting] LocalTalk
LocalTalk adalah sebuh protokol network yang di kembangkan oleh Apple
Computer, Inc. untuk mesin-mesin komputer Macintosh . Metode yang digunakan
oleh LocalTalk adalah CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access with Collision
Avoidance). Hampir sama dengan CSMA/CD.. Adapter LocalTalk dan cable twisted
pair khusus dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer melewati port
serial. Sistem Operasi Macintosh memungkinkan koneksi secara jaringan
peer-to-peer tanpa membutuhkan tambahan aplikasi khusus. Protokol LocalTalk
dapat digunakan untuk model jaringan Garis Lurus ,Bintang , ataupun model Pohon
dengan menggunakan kabel twisted pair . Kekurangan yang paling mencolok yaitu
kecepatan transmisinya. Kecepatan transmisinya hanya 230 Kbps.
[sunting] Token Ring
Protokol Token di kembangkan oleh IBM pada pertengahan tahun 1980. Metode
Aksesnya melalui lewatnya sebuah token dalam sebuah lingkaran seperti Cincin .
Dalam lingkaran token, komputer-komputer dihubungkan satu dengan yang lainnya
seperti sebuah cincin. Sebuah Sinyal token bergerak berputar dalam sebuah
lingkaran (cincin) dalam sebuah jaringan dan bergerak dari sebuah
komputer-menuju ke komputer berikutnya, jika pada persinggahan di salah satu
komputer ternyata ada data yang ingin ditransmisikan, token akan mengangkutnya
ke tempat dimana data itu ingin ditujukan, token bergerak terus untuk saling
mengkoneksikan di antara masing-masing komputer. Protokol Token Ring
membutuhkan model jaringan Bintang dengan menggunakan kabel twisted pair atau
kabel fiber optic . Dan dapat melakukan kecepatan transmisi 4 Mbps atau 16
Mbps. Sejalan dengan perkembangan Ethernet, penggunaan Token Ring makin
berkurang sampai sekarang.
[sunting] FDDI
Fiber Distributed Data Interface (FDDI) adalah sebuah Protokol jaringan yang
menghubungkan antara dua atau lebih jaringan bahkan pada jarak yang jauh.
Metode aksesnyayang digunakan oleh FDDI adalah model token. FDDI menggunakan
dua buah topologi ring secara fisik. Proses transmisi baiasanya menggunakan
satu buah ring, namun jika ada masalah ditemukan akan secara otomatis
menggunakan ring yang kedua. menggunakan fiber optic cable pada kecepatan 100
Mbps.
[sunting] ATM
ATM adalah singkatan dari Asynchronous Transfer Mode ATM yaitu sebuah
protokol jaringan yang mentransmisikan pada kecepatan 155 Mbps atau lebih. ATM
mentarnsmisikan data kedalam satu paket dimana pada protokol yang lain
mentransfer pada besar-kecilnya paket. ATM mendukung variasi media seperti
video, CD-audio, dan gambar. ATM bekerja pada model topologi Bintang, dengan
menggunakan Kabel fiber optic ataupun kabel twisted pair. ATM pada umumnya
digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih Jaringan Area Lokal . dia juga
banyak dipakai oleh Internet Service Providers (ISP) untuk meningkatkan
kecepatan akses Internet untuk klien mereka.
[sunting] PENGGUNA
Pada akhirnya, terserah kepada Anda, pengguna, untuk menentukan berapa
banyak e-commerce Anda benar-benar akan bersedia menerima. Pengguna mulai
mendapatkan frustrasi. Sebuah studi Pew Internet baru-baru ini mencatat bahwa
pengguna mendapatkan prihatin tentang konektivitas dalam hidup mereka. Hampir
50% dari mereka yang merespon mencatat bahwa mereka menggunakan komunikasi
teknologi hemat, dan hanya karena mereka harus (Horrigan, 2007). Hanya sekitar
10% mengatakan bahwa mereka menikmati menggunakan teknologi komunikasi dan
semua fitur-fiturnya. Itu berarti bahwa semakin banyak kita miliki di ujung
jari kita, yang lebih merisaukan dan rumit ini bisa menjadi kita selalu “on.”
Dari perspektif global, segmen baru populasi dunia datang online. Pada awal
2008, Cina menjadi negara terbaik di dunia dalam hal jumlah pengguna internet,
mengalahkan Amerika Serikat (MacLeod, 2008). Sementara Amerika Serikat masih
memiliki persentasenya populasi online lebih tinggi.
[sunting] Jaringan Lokal dan Broadband
Jalur lebar atau pita lebar merupakan sebuah istilah dalam internet yang
merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Ada dua jenis jalur
lebar yang umum, yaitu DSL dan kabel modem, yang mampu mentransfer 512 kbps
atau lebih, kira-kira 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel
telepon standar. Akses internet jalur lebar menjadi pasar yang tumbuh dengan
cepat dalam banyak bidang di awal 2000-an; satu penelitian menemukan bahwa
penggunaan internet jalurlebar di Amerika Serikat tumbuh dari 6% pada Juni 2000
ke nyaris 30% pada 2003. Beberapa implementasi modern dari jalur lebar telah
mencapai 20 Mbit/detik, beberapa ratus kali lebih cepat dari yang ada pada awal
internet dan biayanya juga lebih murah; meskipun begitu biaya dan performa
bervariasi di berbagai negara. Jalur lebar sering dipanggil internet
kecepatan-tinggi, karena biasanya memiliki kecepatan aliran data yang tinggi.
Umumnya, hubungan ke pelanggan dengan kecepatan 256 kbit/d (0,256Mbit/d) atau
lebih dianggap sebagai internet jalur lebar. International Telecommunication
Union Sektor Standarisasi (ITU-T) rekomendasi I.113 mendefinisikan jalur lebar
sebagai kapasitas pengiriman yang lebih cepat dari kecepatan utama ISDN pada
1,5 sampai 2 Mbit/d. Definisi FCC dari broadband sekitar 200 kbit/d dalam satu
arah, dan jalur lebar canggih paling tidak 200 kbit/d dalam dua arah.OECD
mendefinisikan jalur lebar sebagai 256 kbit/d dalam paling tidak satu arah dan
kecepatan ini yang paling diterima di seluruh dunia. Dalam praktek, jalur yang
diiklankan tidak selalu tersedia bagi pelanggan; ISP seringkali memiliki jumlah
pelanggan yang lebih banyak dari hubungan yang bisa ditangani, dengan anggapan
bahwa seluruh pelanggan tidak menggunakan internet dengan kapasitas penuh dalam
waktu yang sama. Strategi ini dapat diterima, namun dengan berkembangnya sistem
peer to peer file sharing, seringkali membuat masalah bagi ISP yang memiliki
pelanggan lebih dari kapasitas peralatan mereka. Karena lebar jalur yang diberikan
kepada pelanggan terus meningkat, pasar dapat mengharapkan bahwa pelayanan
video on demand dapat disalurkan melalui internet akan menjadi semakin populer,
meskipun begitu saat ini pelayanan tersebut masih membutuhkan jaringan yang
khusus. Kecepatan data dalam kebanyakan jasa jalur lebar masih tidak mencukupi
untuk menyediakan video berkualitas bagus, karena MPEG-2 masih membutuhkan 6
Mbit/d untuk hasil yang bagus. Format MPEG-4 menghantarkan video
kualitas-tinggi pada 2 Mbit/d, di penghujung akhir kemampuan modem kabel dan
ADSL sekarang ini. Format Ogg Tarkin diharapkan dapat menghantarkan performa
yang setanding.
Mungkin terpikir bahwa semua hal yang orang menikmati melakukan di Internet:
bermain game, menonton video, perdagangan foto, berbicara di telepon, dan
surfing di Web. Pikirkan tentang bagaimana kita menggunakan internet
sehari-hari: kerja, perdagangan, hiburan, dll Sambungan Internet yang cepat
memungkinkan kegiatan ini untuk beroperasi lancar, memiliki kompleksitas yang
lebih dan fitur, dan hanya menjadi lebih menyenangkan. Sebuah jaringan
broadband memungkinkan Internet digunakan untuk mengakses layanan dan konten
melalui Internet pada kecepatan cepat. Apa artinya memiliki “broadband?” Komisi
Komunikasi Federal (FCC) didefinisikan sebagai jaringan broadband dengan
kecepatan lebih dari 200 Kb / s (kilobit per detik) sampai Maret 2008, ketika
mereka akhirnya berubah definisi untuk kecepatan di atas 768 Kb / s (FCC, n.d.;
Broache, 2008). Pada kenyataannya, pengguna Internet broadband saat ini menikmati
kecepatan mulai dari 1,5 Mb / s (Megabits per detik) ke lebih dari 100 Mb / s.
Memiliki koneksi internet broadband membuka pengguna sampai berbagai layanan
canggih seperti VoIP (voice over Internet Protocol) dan IPTV (Internet protokol
televisi). Selain itu, koneksi internet broadband adalah always-on, akses
informasi yang cepat dan alat berbagi. Banyak kegiatan baru yang telah dibahas
dalam buku ini tidak akan mungkin tanpa jaringan broadband. Misalnya, ledakan
user generated content dan game online tidak akan seperti sekarang tanpa
broadband. Setelah Anda memiliki akses internet broadband, maka pertanyaan
menjadi cara terbaik untuk menggunakan sumber daya. Teknologi jaringan Home
memungkinkan pengguna untuk mengambil keuntungan dari itu koneksi broadband,
dengan beberapa computer menggunakan koneksi broadband yang sama pada waktu
yang sama. Jaringan asal memungkinkan untuk berbagi sumber daya seperti berbagi
printer. Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk memindahkan konten digital di
seluruh rumah. Misalnya, dengan jaringan rumah, Anda dapat memindahkan video
dari PC ke televisi Anda atau memindahkan file musik dari audio digital pemain
ke penerima rumah. Salah satu penggerak utama di belakang jaringan rumah adalah
peningkatan akses broadband ke rumah. Seperti tahun 2007, lebih dari setengah
dari rumah AS broadband dengan kecepatan rata-rata 4,8 Mb / s (OCED, 2008).
Lainnya kelompok memasukkan nomor yang lebih tinggi, bahkan sampai 81,8%
(broadband OECD, 2007)! Mengukur broadband di Amerika Serikat sulit sebagian
karena definisi pemerintah AS resmi hanya 768 Kb / s, sedangkan International
Telecommunication Union mendefinisikan broadbandsebesar 1,5 Mb / s menjadi 2,0
Mb / s (ITU, 2003).
Perangkat kunci dalam jaringan kebanyakan rumah adalah pintu gerbang
perumahan, kadang-kadang dikenal sebagai router. Ini adalah perangkat yang
interkoneksi semua komputer dan perangkat lain yang menggunakan IP (Internet
protokol) data stream untuk membuat jaringan rumah, pada gilirannya
menghubungkanjaringan ke luar dan koneksi broadband yang memungkinkan berbeda
aliran informasi yang akan disalurkan cerdas di seluruhrumah. Kemampuan routing
apapun tipe arus data ke set-top box, telepon, dan perangkat lain pada akhirnya
akan memungkinkan audio, video, dan telepon sinyal yang akan didistribusikan ke
seluruh rumah dengan cara yang sama sebagai data komputer stream dialihkan.
[sunting] DSL
[[DSL] Digital Subscriber Line adalah satu set teknologi yang menyediakan
penghantar data digital melewati kabel yang digunakan dalam jarak dekat dari
jaringan teleponsetempat. Biasanya kecepatan downolad dari DSL berkisar dari
128 kbit/d sampai 24.000 kb/d tergantung dari teknologi DSL tersebut. Kecepatan
upload lebih rendah dari download untuk ADSLdan sama cepat untuk SDSL. Banyak
teknologi DSL menggunakan sebuah lapisan ATM agar dapat beradaptasi dengan
sejumlah teknologi yang berbeda. Implementasi DSL dapat menciptakan jaringan
jembatan atau routed. Dalam konfigurasi jembatan, kelompok komputer pengguna
terhubungkan ke subnet tunggal. Implementasi awal menggunakan DHCP untuk
menyediakan detail jaringan seperti alamat IP kepada peralatan pengguna, dengan
authentication melalui alamat MAC atau memberikan nama host. Kemudian
implementasi seringkali menggunakan PPP melalui Ethernet atau ATM (PPPoE atau
PPPoA). DSL juga memiliki rasio contention yang layak dipertimbangkan pada saat
memilih teknologi jalur lebar.
[sunting] Wireless dan Wi-Fi
Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian
yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless
Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar
terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.11 g, saat ini sedang
dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan
mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya Awalnya
Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal,
namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan
seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel wireless card atau personal
digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan
titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.
[sunting] Televisi Kabel
Televisi kabel atau cable television adalah sistem penyiaran acara televisi
lewat sinyal frekuensi radio yang ditransmisikan melalui serat optik yang tetap
atau kabel coaxial dan bukan lewat udara seperti siaran televisi biasa yang
harus ditangkap antena (over-the-air). Selain acara televisi, acara radio FM,
internet, dan telepon juga dapat disampaikan lewat kabel. Sistem ini banyak
dijumpai di Amerika Utara, Eropa, Australia, Asia Timur, Amerika Selatan,
danTimur Tengah. Televisi kabel kurang berhasil di Afrika karena kepadatan
penduduk yang rendah di berbagai daerah. Seperti halnya radio, frekuensi yang
berbeda digunakan untuk menyebarkan banyak saluran lewat satu kabel. Sebuah
kotak penerima digunakan untuk memilih satu saluran televisi. Sistem televisi
kabel modern sekarang menggunakan teknologi digital untuk menyiarkan lebih
banyak saluran televisi daripada sistem analog.
[sunting] Jaringan Lokal
Jaringan lokal nirkabel atau WLAN adalah suatu jaringan area lokal nirkabel
yang menggunakan gelombang radio sebagai media tranmisinya: link terakhir yang
digunakan adalah nirkabel, untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh
pengguna dalam area sekitar. Area dapat berjarak dari ruangan tunggal ke
seluruh kampus. Tulang punggung jaringan biasanya menggunakan kable, dengan satu
atau lebih titik akses jaringan menyambungkan pengguna nirkabel ke jaringan
berkabel. Jaringan Area Lokal nirkabel adalah suatu jaringan nirkabel yang
menggunakan frekuensi radio untuk komunikasi antara perangkat komputer dan
akhirnya titik akses yang merupakan dasar dari transiver radio dua arah yang
tipikalnya bekerja di bandwith 2,4 GHz (802.11b, 802.11g) atau 5 GHz (802.11a).
Kebanyakan peralatan mempunyai kualifikasi Wi-Fi, IEEE 802.11b atau akomodasi
IEEE 802.11g dan menawarkan beberapa level keamanan seperti WEP dan atau WPA.
[sunting] Jaringan Rumah
Jaringan Komputer pernah dianggap eksklusif domain dari kantoratau lembaga,
bukan rumah atau ruang publik. Beberapa faktor yang mengubah lingkungan untuk
memungkinkan jaringan rumah untuk lepas landas. Akses internet broadband,
beberapa komputern rumah tangga, dan perangkat konsumen baru jaringan dan
layanan. Mayor digunakan untuk rumah jaringan termasuk berbagi Sumber daya,
komunikasi, kontrolrumah, penjadwalan, dan hiburan. Berbagi satu koneksi broadband
dan peripheral komputer di dalam rumahmerupakan contoh berbagi sumber daya.
[sunting] Kesimpulan
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan
lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel
sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen
dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan
hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Dalam tiap computer yang
saling berhubungan akan saling membuat jaringan dan tiap computer yang saling
berhubungan akan menjadikan suatu jaringan yang saling terhubung. Pengembangan
jaringan computer telah banyak ada dan terjadi dengan signifikan. Banyak
perusahaan besar telah menggunakan aplikasi ini. Salah satunya dipakai dalam
e-commerce. Dalam penggunaannya, telah dipakai dimana-mana bahkan e-commerce
telah identik dengan jaringan. Hingga banyak produsen yg telah menggunakan
jaringan tersebut, salah satunya seperti iTunes. Protokol adalah aturan-aturan
main yang mengatur komunikasi di antara beberapa komputer di dalam sebuah
jaringan, aturan itu termasuk di dalamnya petunjuk yang berlaku bagi cara-cara
atau metode mengakses sebuah jaringan, topologi fisik, tipe-tipe kabel dan
kecepatan transfer data. Jalur lebar atau pita lebar (bahasa Inggris:
broadband) merupakan sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi
internet transmisi data kecepatan tinggi. Ada dua jenis jalur lebar yang umum,
yaitu DSL dan kabel modem, yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih, kira-kira
9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telepon standar. Hingga
saat ini, perkembangan Jalur lebar jika diukur telah mengalami perkembangan
yang cukup pesat. Penggunaan Jalur lebar hampir telah dimiliki oleh banyak
perusahaan besar dan telah dipakai dengan berlangsung lama. Hingga dalam
pengiriman data dan kapasitasnya pun telah menjadi semakin besar, bahkan jalur
Jalur lebar ini telah mengalami banyak modifikasi karena perkembangan teknologi
dengan banyaknya kebutuhan yang diperlukan. Jadi perkembangan yang usdah sangat
pesat ini membuat semua hal menjadi tampak lebih mudah dan gampang. Tidak hanya
internet atau jejaring sosial saja yang ada di berbagai tempat umum, tetapi
wi-fi juga sudah ada ditempat umum sepert mall atau pun taman-taman yang sering
buat anak muda atau anak remaja bermain. Perkembangan dari jaringan yaitu
dengan adanya Wi-Fi. Wi-Fi yaitu merupakan suatu jaringan web atau dapat
digunakan internet atau jaringan lainnya tanpa adanya kabel yang terpasang.
Dengan adanya gelombang dan sinyal serta adanya jaringan yang tertangkap dan
tersedia maka Wi-Fi ini dapat digunakan.
Televisi kabel pun sudah banyak orang yang menggunakannya, dulu sangat
jarang sekali orang-orang untuk memasang televisi kkabel tapi sekarang karena
perkembangan yang sudah sangat ppesat maka semua otang tidak mau ketinggalan
untuk memasang televisi kabel dirumahnya, bahkan tidak hanya rumah saja yang
dapat memasng televisi kabel tetap di restaurant dan tempat kos-kosan sudah
memasang televisi kabel. Televisi kabel atau cable television adalah sistem
penyiaran acara televisi lewat sinyal frekuensi radio yang ditransmisikan
melalui serat optik yang tetap atau kabel coaxial dan bukan lewat udara seperti
siaran televisi biasa yang harus ditangkap antena. Selain acara televisi, acara
radio FM, internet, dan telepon juga dapat disampaikan lewat kabel.Perangkat
keras
Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan
dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan
dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat
keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau
kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak
yang “dibuat” ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari
bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna
umum.
Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop
atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori dan bagian
lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
RAM – tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu
selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan
membantu kecepatan PC
Buses:
Bus PCI
Bus ISA
USB
AGP
ROM (Read Only Memory) di mana firmware diletakkan
CPU (Central Processing Unit) sebagai otak dan bagian utama komputer
Power supply – sebuah kotak yang merupakan tempat transformer, kontrol voltase
dan kipas
Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE, SCSI atau lainnya, yang mengontrol hard
disk, Floppy disk, CD-ROM dan drive lainnya; kontroler ini terletak di papan
induk (atas-papan) atau di kartu tambahan
Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk komputer display
Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire) untuk menyambung
komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner
Beberapa jenis penyimpanan komputer:
CD – tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak.
CD-ROM
CD-RW
CD-R
DVD
DVD-ROM
DVD-RW
DVD-R
Floppy disk
Penyimpanan dalam – menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka
panjang.
Hard disk – untuk penyimpanan data jangka panjang
Disk array controller
Kartu suara – menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat
dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara
speaker.
Jaringan komputer – untuk menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer
lainnya.
Modem – media penyambung ke koneksi internet.
Kartu network – untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer
lain.
Alat lainnya.
Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di
bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.
Input
Keyboard
Alat penunjuk
Mouse
Trackball
Joystick
Gamepad
Scanner gambar
Webcam
Tablet Grafis
Output
Printer
Speaker
Monitor
Jaringan/Networking
Modem
kartu network
Sumber :fitricahya.wordpress.com