Kamis, 29 November 2012

Materi TIK Semester 2


Published by SOFYAN under on 20:12Pengenalan Ms. Excel 2003Microsoft excel 2003 merupakan versi setelah Microsoft excel 2000, Merupakan suatuprogram yang berguna untuk menyederhanakan tugas- tugas Akunting, ManajemenDatabase dan pembuatan grafik. Dalam Modul ini terdiri dari tujuan dan menguraikankebutuhan pemakai Excel secara umum khususnya untuk kebutuhan guru SMA Negri 1Purwokerto. Disertai latihan – latihan guna memudahkan bapak / ibu jika belajar sendiri,mudah-mudahan bermanfaat.
1. Mengenal Tampilan Ms. Excel 2003
2. Bekerja dengan Worksheet dan Workbook
3. Memebuat Rumus – rumus sederhana
4. Mengelola database
5. Mencetak hasil pekerjaanMEMULAI MS.EXCEL 2003
Langkah – langkah mengaktifkan Ms. ExcelCara I
1. Klik tombol Start kemudian pilih All Programs
2. Klik / sorot Microsoft Office pilih Microsoft Office Excel 2003


Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatismeliputiperhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemendata.Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulaiyang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnyamembuat rencana kebutuhan barang meliputi namabarang, jumlah barang dan perkiraan hargabarang. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (generalledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik ataupivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. untuk lebih jelasnya fungsi-fungsi tersebut di sampaikan pada paparan di bawah ini
Istilah-istilah dalam Excel :

1.Cell merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3, cell D5
2. Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
3. Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet256)
4. Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kananbawah. Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6
5. Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akanberubah jika dicopy ke cell lain.Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*66. Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris ataukolomsehingga nilai tidak akan berubah.Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*77. Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekantombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula$A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*58. Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat namarange melalui kotak nama disebelah kiri formula bar.Contoh : Holla nama lain range A5:G7
Menulis Rumus1.Operasi Logika
Dibawah ini terdapat operasi logika anda dapat menggunakan operasi resali atau perbandingandengan lambang yang digunakan pada Excel dan fungsinya sebagai berikut :
a. = : sama dengan
b. > : lebih besar dari
c. < : lebih kecil dari
d. >= : lebih besar atau sama dengan
e. <= : lebih kecil atau sama dengan
f. <> : tidak sama dengan

2. Menggunakan Fungsi
Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah ada disediakan oleh Excel 2003, yang akan membantudalam proses perhitungan. Kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Umumnya penulisanFungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik erupa angka, label, rumus, alamat sel atau range.Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ().

A.Fungsi Logika
Fungsi logika adalah fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan perhitungan-perhitungan yangberhubungan dengan pengambilan keputusan fungsi logika yang digunakan adalah :

1. Fungsi If :Bentuk penulisannya : =If(kondisi,nilai jika benar,nilai jika salah)Contoh : =If(A5<17,”anak-anak”,”dewasa”)>30,”panas”,if(A5>0,”hangat”,”dingin”))

2. Fungsi StringFungsi string berfungsi untuk mengubah isi text numeric menjadi bilangan1. Fungsi VALUE :digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text,penulisannya : =VALUE(text)2. Fungsi FIND :digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yangdicari,penulisannya : =FIND(cari text,pada text,mulai nomor)

3. Fungsi MIDdigunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya : =MID(text,posisiawal,jumlah karakter)

4. Fungsi LEFT atau RIGHT :digunakan untuk mengambil substring sebelah kiri atau kanan string, penulisannya =LEFT atau=RIGHT(text,jumlah karakter)

5. Fungsi REPLACE :digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetankarakter atau karakter),penulisannya : =REPLACE(text lama,nomor awal,jumlah karakter,text baru)

6. Fungsi CONCATENATE :digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string,penulisannya : =CONCATENATE(text1,text2,…)

B. Fungsi Tabel :

Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca tabel secara vertikal (VLOOKUP) atausecara horizontal (HLOOKUP),penulisanya : =HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)

Fungsi yang sering digunakan
1. fungsi Sum :Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya :=SUM(number1,number2,..)
2. Fungsi Average :Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,penulisannya : =average(number1,number2,…)
3. Fungsi Max :Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya :=max(number1,number2,…)
4. Fungsi Min:Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya :=max(number1,number2,…)
5. fungsi Count :Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita pilih
6. Fungsi Stedev :Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya :=stedev(number1,number2,…)
7. Fungsi Var :Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range,

Sumber :tiksmanda-sofyan.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar